Kategori
award

Sukabumi Lestari – Finalist Masterplan Sukabumi Competition

Konsep perencanaan Masterplan Pusat Pemerintahan Kota Sukabumi ini didasarkan atas 3 buah prinsip dasar. Prinsip pertama yaitu keterhubungan dengan membuka akses pedestrian kedalam kawasan di sisi barat timur dan utara selatan untuk memberikan sumbangsih ruang urban yang berkualitas dimana terjadi interaksi antara warga kota Sukabumi yang berpusat di dalam pusat pemerintahan. Kualitas ruang pedestrian yang terjadi diperkuat dengan vegetasi peneduh, program yang ditempatkan di podium yang mengaktifkan seperti (UMKM), fasilitas umum, dan juga tempat duduk sebagai tempat berkomunikasi antar-warga dan pamong kota – desa. Sirkulasi pedestrian diletakkan membentang dari sumbu utara – selatan dan barat – timur. Sedangkan akses mobil diletakkan mengelilingi bangunan yang dihubungkan dengan drop off dan tempat parkir.

Prinsip kedua adalah prinsip untuk mengolah air sesuai dengan kontur lapangan. Zona selatan diperuntukkan untuk masjid umum yang terintegrasi dengan konsep Water Sensitive Urban Design dengan kontur yang terendah. Sedangkan Zona utara diperuntukkan untuk gedung walikota. Zona barat diperuntukkan untuk Dinas – dinas dan zona timur diperuntukkan untuk DPRD. Konsep WSUD yang terjadi dipisahkan dengan konsep clustering per bangunan yang berpusat di daerah courtyard dimana air diresapkan ke tanah dan air curahan hujan ditampung untuk digunakan kembali untuk sistem flushing toilet.

Prinsip ketiga adalah prinsip untuk membentuk desain bangunan yang kontekstual dan lokal terbentuk dengan penghawaan alami sehingga erbentuk organisasi ruang yang memiliki sistem cluster dan courtyard dengan taman di tengah – tengah massa bangunan. Sistem fasade bangunan dengan kombinasi material lokal yang memiliki ketahanan terhadap cuaca yang terbentuk dari tesis dan anti tesis terhadap struktur tradisional bangunan setempat sehingga memberikan kearifan lokal untuk arsitektur setempat. Sistem atap bangunan didesain dengan mengintegrasikan solarpanel dan sistem penampungan air dari air hujan dan diintegrasikan dengan tangki yang terletak di tengah – tengah taman bangunan membentuk ekosistem bangunan dan alam.

Principal : Realrich Sjarief ST. MUDD. IAI.

Design Team : Alifian Kharisma, Fakhriyyah Khairunida , Thomas Santoso, Timbul Arianto, Viviyani Santosa , Arlene Dupe , Kanigara Ubazsti

Oleh Realrich Sjarief

Founder of RAW Architecture

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s