Kategori
Team - Reflection Letter

Stefanus Wardhana – Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Reflection Letter:

Bagi saya, 3 bulan berkesempatan menjadi bagian dari Realrich Architecture Workshop (RAW) seperti mengikuti sebuah loka karya, di mana saya dapat belajar tentang craftsmanship dan leadership pada arti yang lebih mendalam serta dilatih untuk berpikir secara kritis dan sistematis.

Berbekal pengetahuan yang biasa-biasa saja, saya disambut hangat oleh lingkungan yang suportif dan harmonis sehingga mejadikan proses adaptasi saya terasa lebih ringan. Saya belajar bahwa relasi antar personal yang mendalam —dapat saling mengenal satu sama yang lain dengan baik— menjadi akar dalam membangun tim yang solid dan kolaboratif. Saya menganggap mereka adalah mentor-mentor saya, tidak ada habisnya bagi saya untuk belajar sesuatu yang baru, baik secara teknis, non-teknis, verbal, dan nonverbal. Saya mempunyai tendensi untuk bersikap observatif, sehingga saya juga dapat belajar dengan mengamati gerak-gerik mereka seperti bagaimana cara bersikap, bagaimana cara memimpin, bagaimana cara berhubungan dengan pihak luar, bagaimana mereka memandang sebuah permasalahan, dan masih banyak hal yang tidak bisa saya sebutkan. Saya menyadari bahwa pendekatan dan cara kerja yang dilakukan oleh masing-masing dari mereka pun berbeda, menjadikan apa yang dapat saya pelajari menjadi komprehensif.

Suatu pencapaian bagi saya untuk dapat belajar kepada Kak Realrich Sjarief, salah satu arsitek inspiratif dan role model bagi saya. Saya belajar mengenai proses desain yang sistematis dan filosofis, tentang bagaimana beliau membuahkan sebuah narasi yang menaungi setiap artikulasi yang terkandung pada setiap desain. Sebuah intuisi yang dilandasi dengan argumentasi yang logis, menjadikan sebuah desin tidak hanya bersifat subjektif namun juga bersifat objektif. Ketelitian, kecepatan, dan kerapihan dalam bekerja menjadi nilai yang dijaga dan dituntut untuk konsisten.

Sungguh sebuah pengalaman 3 bulan yang terasa singkat namun terasa begitu dinamis, membuahkan perkembangan yang masif bagi saya. Besar harapan pengalaman ini menjadi bekal yang luar biasa bagi saya untuk melanjutkan perjalanan tiada henti saya di masa mendatang.

Life is a never-ending journey, stay in the incessant quest for the imagined things and keep being the best, RAW!

Salam Hormat,
Stefanus Wardhana

Oleh Realrich Sjarief

Founder of RAW Architecture

Tinggalkan komentar