Kategori
Team - Reflection Letter

Joscelind Vallen Kawengian

Biografi

Joscelind Vallen Kawengian atau yang biasa dipanggil celind / joce, merupakan mahasiswa dari program studi arsitektur Universitas Kristen Petra Surabaya. Celind mempunyai keingintahuan yang tinggi tentang dunia arsitektur, namun ternyata hanya dengan mengikuti alur perkuliahan dari kampus saja sejauh ini belum cukup untuk menjawab rasa keingin tahuannya. Oleh karena itu Celind beberapa kali mengikuti sayembara arsitektur dengan memilih topik/tema sayembara yang diikuti sebisa mungkin berbeda-beda, agar apa yang didapat/dipelajari juga bisa lebih luas. Untuk hasilnya, sebenarnya sedikit yang bergelar juara. Namun prinsip Celind dalam bersayembara adalah ‘nothing to lose’, menang adalah bonus, kalau kalah pun tetap dapat ilmunya. Tentu masih dalam proses perjalanan menjawab rasa ingin tahunya tentang arsitektur, Celind yang sekarang merupakan mahasiswa semester 7 pun memilih untuk mencari jawaban lewat mengikuti program magang di RAW Architecture selama 3 bulan. Celind berharap lewat magang di RAW ini bisa sedikit banyak menjawab rasa keingin tahuan Celind, baik tentang metode desain kak Rich di RAW, tentang bagaimana pemikiran kak Rich tentang arsitektur, tentang cara mendesain secara kontekstual dan tidak mengedepankan ego, bagaimana implementasinya di lapangan, serta apakah sebenarnya yang Celind selama ini pelajari di perkuliahan bisa benar-benar berdampak buat orang lain.

Testimonial 1

Selama kurang lebih 1 minggu mengikuti program magang di RAW, sesederhana duduk, mendengarkan, dan memperhatikan workflow yang ada di ruangan yang sama dengan Kak Rich dan Kakak-kakak dari tim desain lainnya saja sebenarnya saya sudah bisa mendapatkan banyak hal baru dan menarik. Selain mendapatkan hal-hal baru terkait arsitektur seperti dalam pengerjaan 3d modelling maupun dalam penyajiannya, saya juga merasa sangat mendapat banyak hal tentang bagaimana dalam berkehidupan lewat apa yang kak Rich sampaikan dalam sehari-hari ketika membriefing maupun sekedar bercerita. Sejauh ini mengikuti program magang di RAW merupakan hal yang menantang mengingat saya seolah dipaksa untuk mempunyai time management yang baik karena sambil melangsungkan kuliah yang dijalankan secara online serta sudah sesuai bahkan melebihi apa yang saya ekspektasikan sebelum join pada program magang di RAW

Testimonial 2

Kepada orang-orang yang nantinya akan scroll down, membuka, dan menemukan saya pada laman site ini, apapun yang kalian cari entah sesederhana ingin lihat website, tulisan, kurator, maupun hasil karya dari RAW Architecture, saya sebagai anak magang ingin mengatakan bahwa it is indeed the best office in the world. ya, mungkin terdengar tidak valid karena kalimat tersebut keluar dari orang yang baru pertama kali magang. tapi memang itulah yang saya rasakan selama menjalani program magang di RAW Architecture. Disini saya mendapatkan banyak hal bermanfaat baik dari ilmu arsitekturnya, pengalaman di lapangan, hacks software arsitekturnya, sampai ke hal yang sama sekali bukan arsitektur. Dari kebersamaan yang saya rasakan bersama kakak-kakak disini, teman-teman sepermagangan, dan sedikit banyak hacks tentang kehidupan yang sering terlontar dari Kak Rich, yakni bagaimana merayakan hidup dengan memanusiakan manusia. Tidak mudah sejujurnya menjalani program magang yang disambi dengan perkuliahan, namun magang di RAW surprisingly tidak menjadi suatu hal yang seolah menambah beban. Sebaliknya justru dengan magang di RAW -lah yang membuat segalanya terasa lebih mudah. Dikelilingi orang-orang yang sangat terbuka untuk membagi ilmu, membagi insight, yang bisa diajak bertukar pikiran either itu tentang tugas magang maupun tugas kuliah membuat saya lupa bahwa hal yang saya sedang lakukan dan jalani ini seharusnya sulit dan banyak pressurenya. Mungkin akan terdengar klise tapi bisa menjadi bagian dari RAW Architecture adalah hal yang membuat saya tidak lupa untuk bersyukur tiap hari :)

Motivation Letter

Perkenalkan nama saya Joscelind Vallen Kawengian, seorang mahasiswa semester 7 yang berkuliah di program studi arsitektur, Universitas Kristen Petra Surabaya. Pada semester ini sebenarnya tidak ada kewajiban bagi saya maupun mahasiswa arsitektur di universitas untuk melakukan program magang, namun saya ingin memanfaatkan waktu dan kesempatan yang lebih longgar pada semester 7 ini dengan mengisinya lewat mengikuti program magang. Surat motivasi / surat refleksi ini saya tuliskan dalam rangka mengekspresikan rasa ketertarikan dan keingintahuan saya dalam mempelajari lebih lanjut mengenai arsitektur lewat program magang di RAW. Saya memilih RAW sebagai tempat untuk saya bisa belajar lebih dan menambah pengalaman baik dalam bidang arsitektur maupun dalam aspek-aspek kehidupan. Saya melihat RAW (khususnya kak Realrich) merupakan sosok yang suka berbagi ilmu dan saya melihat hal ini sebagai sebuah identitas yang tidak saya lihat di biro/firma arsitektur lain.Berangkat dari sinilah yang meningkatkan rasa ingin tahu saya terhadap Kak Rich maupun RAW terkait bagaimana dalam mengimplementasikan arsitektur yang sudah saya pelajari selama ini di kuliah ke prakteknya, bagaimana pola pikir Kak Rich maupun tim RAW dalam merespon suatu masalah baik dalam konteks arsitektur maupun diluarnya. Saya harap dengan bergabung lewat program magang di RAW saya bisa berpartisipasi dalam ikut mengembangkan tim design yang ada di RAW lewat apa yang selama ini sudah saya pelajari baik di perkuliahan maupun dari apa yang saya dapat di RAW. Sehingga saya tidak hanya ‘menerima’ saja tapi saya juga bisa ‘memberi’.

Oleh Realrich Sjarief

Founder of RAW Architecture

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s