Kategori
blog

Circle Means Family

Hari ini (jumat) di Bulan July 2021 adalah saat Alifian Kharisma menghabiskan hari terakhir di studio, Alifian akan berhenti menjadi tim permanen di studio dan mungkin akan membantu di project berdasarkan part time apabila diperlukan dan waktunya memungkinkan karena kesibukannya di sekolah dan keinginannya berdikari. Jadi setelah ini akan off dari grup kordinasi langsung studio ini. Jalan panjang masih terbuka, untuk berbagai kemungkinan. Kita semua masih bekerja bersama – sama, hanya saja dari tempat berbeda, berkumpul bersama, hanya intensitasnya lebih jarang. Lembar masa depan terbuka lebar dengan berbagai macam kemungkinan.

Hari ini (jumat) di Bulan July 2021 adalah saat Alifian Kharisma menghabiskan hari terakhir di studio, Alifian akan berhenti menjadi tim permanen di studio dan mungkin akan membantu di project berdasarkan part time apabila diperlukan dan waktunya memungkinkan karena kesibukannya di sekolah dan keinginannya berdikari. Jadi setelah ini akan off dari grup kordinasi langsung studio ini. Jalan panjang masih terbuka, untuk berbagai kemungkinan. Kita semua masih bekerja bersama – sama, hanya saja dari tempat berbeda, berkumpul bersama, hanya intensitasnya lebih jarang. Lembar masa depan terbuka lebar dengan berbagai macam kemungkinan.

saya sangat berterima kasih atas upaya, kerja kordinasi Alifian menuangkan kerja kreatif dan kritis yang intensif yang tidak hanya sebentar namun bertahun – tahun disini. Alifian adalah orang yang sabar dan tidak pernah lelah menemani saya dan adalah saksi hidup di studio dibalik gagalnya dan suksesnya proyek kecil maupun besar. Dan dirinya adalah jembatan antar generasi di dalam studio ini. Ia adalah saksi bahwa Kesuksesan adalah hasil dari pembelajaran – pembelajaran dan ia sendiri terus bertransformasi sampai sekarang.

Kerja – kerja Alifian adalah kerja yang tidak mudah karena untuk menempati posisi seperti dirinya yang adalah kepala di studio memerlukan untuk melepas ego dirinya dan melebur di dalam kondisi orang lain, multi perspektif, multi disiplin dan lagi – lagi multi generasi. Ia adalah jembatan nyata antara designer yang baru atau desainer dengan ratusan orang yang sudah masuk lalu lalang di studio
.

Di dalam budaya studio RAW Architecture, sekali sudah menjadi keluarga di studio, nama Alifian akan terus dikenang upaya, karakter, dan kontribusinya dan hal tersebut akan terus dicatat. Tali silahturahmi ini tidak akan terputus dan sama – sama kita doakan yang terbaik kesuksesan Alifian.

Tim kita adalah tim kecil yang realistis, ada tim admin, tim build, tim desain, dan tim perpustakaan. Tim ini bisa saja terlihat kecil namun terbukti progressif, dari tim yang kecil kita membuka sekat – sekat kemungkinan melalui ketepatan kerja, waktu dan kualitas personal. Alifian adalah tim inti salah satu nukleus yang menyatukan ekosistem yang ada. Tidak mudah mencari setiap orang untuk bisa bekerja bersama dari proses seleksi. Begitu antar personal bertemu sulit berpisah karena sudah tercipta ikatan emosional. Di balik ikatan tersebut ada doa untuk menjadi biasa, ada doa untuk menjalani segala suatu yang apa adanya, menjadi seseorang yang terus berbagi, dalam suka ataupun duka.

Kita semua berlatih untuk meraih dan melepaskan waktu, relasi, dan kesempatan. Momentum tersebut membentuk sebuah kenangan yang baik. Alifian sudah memberikan kenangan yang manis di dalam Studio ini. Semoga ilmu yang didapatkan di studio bisa diamalkan Alifian terus menerus. Alifian punya sendiri membentuk kehidupan orang lain memberikan dampak yang positif dan usaha untuk memperdalam ilmunya di dunia arsitektur. Di dalam arsitektur kita mendapatkan visi, misi, belajar, dan mengaktualisasikan jiwa raga kita semua sepenuh hati. Dari situ muncullah kesempatan untuk memberikan jejak kenangan, dan saya patut berterima kasih jejak kenangan Alifian yang tidak akan terlupakan kepada studio ini.

Di bawah ini saya lampirkan buku kecil, jejak – jejak kenangan cerita untuk Alifian, harapannya, dan pendapat orang lain mengenai dirinya dengan harapan memberikan kenangan yang manis.

Today (Friday) in July 2021 is when Alifian Kharisma spends his last day in the studio, Alifian will stop being a permanent team in the studio and may help on a project on a part time basis if needed and the time allows due to his busy schedule at school and his desire to be independent. So after this will be off from this studio direct coordination group. There is still a long way to go, for possibilities. We’re all still working together, just from different places, coming together, just less intensely. The future is wide open with a wide variety of possibilities.

I am very grateful for the efforts, Alifian’s coordinating work has poured intensive creative and critical work that has not only been for a short time but for many years here. Alifian is a patient person who never gets tired of accompanying me and is a living witness in the studio behind the failures and successes of small and large projects. And he is the bridge between generations in this studio. He is a witness that Success is the result of learning – learning and he himself continues to transform until now.
.
Alifian’s work is not an easy job because to occupy a position like him who is the head of the studio requires to let go of his ego and merge into other people’s conditions, multi perspective, multi discipline and again – again multi generation. He is a real bridge between a new designer or designer and hundreds of people who have entered the studio
.
In RAW Architecture’s studio culture, once family in the studio, Alifian’s name will continue to be remembered for his efforts, character and contributions and that will continue to be recorded. This friendship rope will not be broken and together we wish Alifian the best for success.
.
Our team is a realistic small team, there is an admin team, a build team, a design team and a library team. This team may look small but is proven to be progressive, from a small team we open up the barriers of possibilities through work accuracy, time and personal quality. Alifian is the core team of one of the nuclei that unites the existing ecosystem. It is not easy to find everyone to work together from the selection process. Once the personal meet is difficult to separate because it has created an emotional bond. Behind this bond there is a prayer to become ordinary, there is a prayer to live everything as it is, to be someone who continues to share, in joy or sorrow.
.
We all practice grabbing and letting go of time, relationships, and opportunities. The momentum forms a good memory. Alifian has given sweet memories in this studio. Hopefully the knowledge gained in the studio can be practiced by Alifian continuously. Alifian has his own way of shaping the lives of others, giving a positive impact and an effort to deepen his knowledge in the world of architecture. In architecture we get the vision, mission, learn, and actualize our body and soul, all of us wholeheartedly. From there came the opportunity to provide a trail of memories, and I should thank this studio Alifian’s unforgettable memories.
.
Below I attach a small book, traces of memories of the story for Alifian, his hopes, and other people’s opinions about him in the hope of giving sweet memories.

From monday the world goes on as usual, everyone has their own journey, congratulations Ali.

Alifian Kharisma Syahziar

“Thanks for everything kak Rich n kak Yudith . You’re such a Role Model. Saya banyak belajar dari kak Rich bagaimana mengelola biro dimana orang orang menggantungkan sebagian nasibnya disana, bagaimana mengelola biro yang dituntut terus berkembang pengetahuannya mengikuti perkembangan teknologi. Terlebih lagi, bagaimana menjadi arsitek yang juga orang tua, guru, dan manusia biasa. At the end, perjalanan di studio adalah bagaimana kita masuk, dan terkahir, bagaimana kita keluar.

Testimonial Alifian mengenai proyek di studio.

“kultur studio RAW tidak lepas dari karakteristik seorang kak rich. yang tangkas, mendidik, dan passionateful. dari ribuan jam sy di studio rasanya selalu ada hal baru menanti. ‘there is no problems if new one arrives every minute’. kutipan di ppt raw introduction yg selalu sy bacakan buat para staff baru dan anak magang.
ini kesan saya yang pertama. Bekerja seperti belajar berenang, kadang dibimbing, kadang dilepas. kalau tenggelam ada yg ngangkat ke permukaan lagi. kak rich dan para senior itu mentor sy untuk berenang. kak rich pun masih belajar dengan guru dan tingkatan yg berbeda. seiring pengalaman, saya juga harus menjadi mentor untuk yg lebih muda.”

” kesan saya untuk proyek Kemang sejauh ini: pengalaman yg baru dengan realitas proyek yang seperti nya lebih komplit dr yang pernah sy jalani di studio dari segi stages. mulai site analysis, skematik, DD, tender drawing, for con drawing, perijinan, meeting mingguan, MoM. saya bisa bertemu banyak stakeholder seperti proyek manajer, qs, kontraktor, konsultan2 lain.

di tim studio sendiri yg paling unik adalah dmn person incharge nya ganti ganti. seingat saya dimulai dr asep dan irul, trs ke saya, aga, gomes, aris, michael, trs ke nida dan dini. beberapa anak magang jg membantu untuk eksplorasi maket. jd kesannya proyek ini adalah proyek keroyokan. menurut sy portfolio bagus untuk kita sebagai studio dan individu mengingat proses nya yg komplit dan proyek nya adalah proyek bangunan publik, apalagi di kemang. memang disayangkan anak2 diatas tidak mengalami penuh proses ini.

bagi saya, proyek semacam ini adalah kesempatan yg baik bagi siapapun untuk bisa merelealisasikan apa yg direncanakan dengan banyak pelajaran. proses desain yang cukup dalam, interaksi dgn orang luar lingkup raw, mensinkronkan pikiran, professionalitas, mengujui kesabaran. 😁”

Testimonial Alifian tentang cara kerja studio.

“kultur studio RAW tidak lepas dari karakteristik seorang kak rich. yang tangkas, mendidik, dan passionateful. dari ribuan jam sy di studio rasanya selalu ada hal baru menanti. ‘there is no problems if new one arrives every minute’. kutipan di ppt raw introduction yg selalu sy bacakan buat para staff baru dan anak magang.

ini kesan saya yang pertama. Bekerja seperti belajar berenang, kadang dibimbing, kadang dilepas. kalau tenggelam ada yg ngangkat ke permukaan lagi. kak rich dan para senior itu mentor sy untuk berenang. kak rich pun masih belajar dengan guru dan tingkatan yg berbeda. seiring pengalaman, saya juga harus menjadi mentor untuk yg lebih muda.

kesan yang kedua yaitu: setiap orang di studio ini punya kepribadian masing2 yg unik. punya skill skill yg tidak terduga, jago bola, musik, jago joget, jago kerajinan tangan, dll. orang orang datang dan pergi. mereka punya kesan masing2 bahkan untuk orang yg cuma punya waktu 1 hari di studio. 😆. dari sini saya bersyukur kenal macam macam orang.

kesan sy yg ketiga yaitu bekerja di studio ini memang sangat dikejar kejar waktu. sejak marak wa grup 3 tahun lalu.semua proyek dibuat wa grup kordinasi dan hampir semua nya saya join. notifikasi di hp saya tidak berhenti muncul, akhirnya sy silent grup yang sedikit atau tidak ada kaitannya. hampir setengah dari waktu kerja dihabiskan dgn kordinasi wa atau telepon. semakin hari wa grup semakin bertambah. sy menyadari kalau proporsi proyek baru dan proyek selesai memang tidak pernah seimbang. laju informasi dari wa yang tidak bisa dibendung. untuk ini saya seringkali membalasnya dgn “”apa masih ada waktu?”

-Pesan untuk Studio: Punya lebih banyak kerabat yang baik, orang2 yang saling mendukung dan punya vibes yang sama diiringi dengan punya lead time yang baik sehingga bisa selaras.
-Pesan untuk kawan kawan terbaikku: Kumpulkan bekal sebanyak banyaknya. dengan rendah hati, enjoy,. Semoga lebih disiplin lagi kedepannya dan have a healthier cycle.”

Testimonial dari rekan – rekan yang lain.

Nurul dan Repi : ” Makasih mas ali udah gak ngeribetin kalo pas reimburse grab sm toll, makasih udah selalu dingin tapi tiba-tiba bikin ngakak, yaudalah yaaa makasih buat semuanya aja, semoga kita bisa bertemu di lain waktu dan kesempatan. aamiin”


Dimas Dwi Mukti Purwanto : “Saya memahami bahwa mas Ali adalah sosok yang tenang dan stabil. Dan sosok yang tenang dan stabil memiliki perannya sendiri dalam sebuah ekosistem perusahan dalam menenangkan situasi sehingga kita bisa berpikir lebih jernih. Saya pikir ini aspek fundamental dalam ekosistem pekerjaan arsitektur. Yang membutuhkan gagasan2 kreatif dalam waktu yang relatif singkat. Pernah suatu ketika bekerjasama dalam satu pekerjaan membuat materi presentasi. Deadline tergolong padat. Namun pekerjaan justru diselesaikan dengan sangat tenang. Dan pada akhirnya kita bisa menyelesaikan susunan materi sedalam apa yang telah kita pikirkan. Cukup membanggakan secara personal. Apa yang dikerjakan sangat berguna bagi perusahaan. Mungkin kalau tidak tenang, kita akan terjebak dalam pikiran “”yang penting selesai””. Dan ini akan menciptakan penyesalan bagi diri sendiri. Tetap tenang dan stabil adalah hal yang bisa dipelajari dari mas Ali”

Caroline : Senang melihat kamu terus berkembang, sukses selalu dalam karier, pendidikan dan pribadi, sampai jumpa

Kiswanto : Terima kasih untuk mas ali yang sudah menjadi bagian dari keluarga besar RAW dan semangat terus untuk menempuh pendidikan barunya semoga sukses dan apa yang di cita citakan semoga cepat terkabul.amiinn

Rico Yohanes : Hampir 2 tahun saya berada di RAW, pengalaman saya bertemu kak Ali sepanjang ini memang sering berada di luar lingkup proyek. Menurut saya Kak Ali adalah teman sekaligus guru yang ramah dan bijaksana. Bercandaan yang spontan tapi mengubah situasi studio menjadi lebih santai. Beliau suka bercanda, namun suka juga serius sekaligus tegas. Dia juga sering menjawab pertanyaan walaupun bukan lingkup pekerjaannya. Tidak heran dia menjadi seorang assosiate, karena mampu mengendalikan situasi studio. Semoga dampak yang diberikan oleh kak Ali di studio dapat berdampak juga diluar sana. Semoga kehidupan lahir baru arsitek-mu sukses dan jaya kak. Jangan lupa dengan kita kak, suatu saat kita akan bertemu dengan situasi yang berbeda 😁. Thank you untuk pengalaman sepanjang di studio kak. Setelah pandemi selesai ada permainan yang harus kita mainkan 🎮
Yuliana Putri semoga Ali untuk melakukan pekerjaan yang hebat dengan mencintai apa yang sudah dilakukan / dikerjakan dengan semangat dan bahagia, jika belum menemukannya, teruslah mencari dan jangan puas, sukses slalu untuk ka Ali :)


Satria : Thank you kak Ali. Good job ya. semoga setelah ini banyak hal keren menjumpaimu. meski nggak banyak kerjasama, tp lo banyak ngasih gw cara gimana cara menghadapi realita. see you on the next level.


Novita Gunawan : Momentny saat ngurusin ajib buat perijinan imb, ngejar ajib bareng kak Ali, bolak baliknya itu ada jengkel sama ajib sampai lega akhirnya selesai imb nya, keren sich, Kak Ali termasuk sesepuh di tim design, panutan yang baik buat karyawan disini, semoga Kak Ali tambah sukses dan semoga bisa ketemu lagi nanti dan bisa silaturahmi. Semoga Kuliah nya lancar dan Semoga sukses kak

Andriyansyah Muhammad Ramadhan : Kak ali itu salah satu sosok leader yg paling super duper humble, sabar, dan bener2 kaya sosok kakak yg bakal support dalam semua hal. Banyak banget dapet pelajaran2 berharga dari kak ali mulai dari arsitektur dan pelajaran hidup . Orangnya bisa diajak ngobrol dari hal2 serius tentang urusan kantor sampai hal2 sepele / gak penting di luar kantor. Bener – bener kak ali gak ada duanya, terbaik dari yang paling terbaik. Bakal kehilangan sosok kakak super humble ini di kantor, tapi yang paling penting all the best untuk karir kak ali kedepannya yaa, semoga bisa terwujudkan semua harapan dan cita2nya


Erick : Untuk Alifian, warna kantor baik secara karya maupun keceriaan kantor tidak lepas karena adanya Ali. Thanks untuk waktu bisa berkembang bersama di kantor. See ya again.


Khafyd : Teruntuk kak Alifian , pertama kali saya masuk studio saya melihat kak Ali ini orang yang sangat serius dan gak mudah ketawa, seiring berjalannya waktu saya mulai dekati kenalan dan ngajak ngobrol dan dari situ saya mulai tau kalau dia ternyata Assosiate, dimana seseorang yang memimpin mengatur pekerjaan tiap” orang di dalam studio ini. Dari situ saya coba melihat mengamati bagaimana cara dia dalam memimpin rapat, diskusi dengan pic masing” proyek dan juga bagaimana dia mengasih tahu detail” konsep design. Kak Ali ini merupakan seseorang asyik ketika menjadi teman dan suka ngelawak, yang serius ketika menjadi pemimpin, yang sabar ketika menjadi guru di dalam studio raw . Semoga kedepannya bisa ada ka Ali yang ke 2 ke 3 dan seterusnya yang hadir di dalam studio raw ini. Yang mempu memimpin semua proyek dan menjadi tauladan bagi anak” arsi raw untuk menjadikan studio ini yang terbaik dengan karyanya. Sukses terus untuk ka Ali kedepan nya khususnya study S2 nya. Semoga bisa bertemu lagee… :)


Memeh : Thank you for your help and kindness. I wish you the best of luck and continued success wherever you may find yourself. See you soon.


Meimei (Agustin) : Untuk mekanisme kantor sekarang saya merasa jadi lebih teratur dan lebih tertata kak. Dengan adanya absen yang baru, kita jadi bisa lebih disiplin, bukan hanya ke studio (pekerjaan) tapi juga ke diri sendiri. Karena terkadang kita lupa waktu sehingga tidak bisa disiplin ke studio ataupun ke diri sendiri. Terima kasih kak

Vivi Y. Santosa : “Adanya sistem jam kerja yang jelas membuat bekerja lebih mudah dan menciptakan keproduktifan yang baik. Saya juga lebih senang karena ada ruang waktu work life balance lebih baik. Arsitek adalah pekerjaan marathon yang panjang, batasan waktu kerja dan istirahat yang cukup itu perlu sehingga tidak jenuh dan bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Testimoni untuk Kak Ali : Seseorang yang sangat saya hormati karena beliau bekerja secara profesional tapi tidak kaku (fun orangnya). Jarang mengeluh, fokus dalam membereskan pekerjaan. Sangat jelas dalam membimbing dan memberi pengarahan. Belajar banyak bagaimana harus bekerja secara smart, cepat, dan tepat sasaran. Best associate that i ever had! :)”


Thomas Andrean Santoso “..ingat dulu sy datang dikondisi kantor sedang hectic banget. hehe dan saya melihat dan merasa tensi kantor sedang tinggi sekali. serem juga sih awalnya termasuk Mas Ali. kaya sadis gitu. lalu saya ikut aja yang dia minta dan selesailah proyek deadline tersebut.saat makan malam eh mulai muncul sifat-sifat banyol yang saya ga abis pikir. ternyata orang nya ancur begini. joget-joget ga jelas, nyeloteh yang absurd, dan seringnya mecah keheningan kantor lewat celotehan aneh bin nyleneh. cuma ni orang saya pikir ada sisi tenang dan pendiamnya yang jadi enak kalo ngobrol yang serius-serius juga masuk. tak terasa 3 tahun perkenalan kita, istilahnya seperti temen SMA yang kocak abis selesai masa 3 tahun dan lulus sapa si yang ga kangen. tapi gapapa pertemuan dan perpisahan cuma dimensi waktu dan tempat saja, tapi hubungan relasi dan keterikatan memori tetap akan ada. sukses my Bro!”


Alvyan adi saputra : “Hubungan antar manusia yang sehat, sehingga menciptakan suasana kerja yang tidak membosankan walau sering pulang sampai malam. Terasa seperti kembali ke masa kuliah lagi. Banyak open space di kantor buat lingkungan kantor buat saya bisa tenang (karena saya tipikal orang yang tidak terlalu betah di dalam ruangan tertutup). Banyak buku-buku tentang Improving Self-Esteem yang bisa di baca. Untuk sedikit masalah kecil yang saya dapat di diri saya sendiri mungkin dari sisi jam kerja, kadang saat ada acara keluarga di rumah ,merasa sungkan untuk pulang lebih awal di banding teman2 yang lain, walau tidak ada aturan pulang jam 9 malam. Dan mungkin untuk makanan bisa di perbanyak sayur2an, tempe atau tahu di banding ayam yang berminyak, agar kondisi kesehatan dan imun warga kantor RAW bisa lebih kuat dan tidak mudah sakit. Sebelumnya moho maaf jika ada salah kata atau lancang dalam menginterpretasi atau memberikan hal hal yang ingin di sampaikan, terimakasih


Fina : “Banyak hal yang saya dapatkan di RAW. Bukan hanya mengenai desain dan teknis, tapi juga tentang tanggung jawab, kemandirian, kenekatan, keberanian, ketekunan, pertemanan orang2 dan budaya kerja yang berbeda di sini. Saya merasa atasan di sini juga bisa menjadi teman atau mentor yang baik, humble, bisa menyatu satu sama lain. Mungkin hal ini tidak akan saya dapatkan di tempat lain. Ketika memasuki suatu hal yang baru pasti ada banyak hambatan. Karena ketidaktahuan di awal. Saat masuk build saya menemukan banyak kesulitan, saya tidak tahu mengenai semua data, file, obrolan dengan owner / vendor karena tidak ada di grup, tidak tahu di mana letak semua file. Tidak tahu kalau ada update perubahan. Harus berkoordinasi dengan berbagai macam orang dengan karakter yang beda. Saya bersyukur sekarang sistemnya sudah lebih diperbaiki. Juga berharap agar saya yang ilmunya masih sedikit ini dapat dibimbing dan didengar. Kalau associates / HRDnya bukan Kak Ali aku mungkin sekarang ga di RAW. Kak Ali itu suka banget psikologi atau nebak2 orang. Peka banget, sabar, bisa inget sama ngerjain banyak hal dalam satu waktu. Anak pertama banget. Kalau ada yang ke lapangan Kak Ali juga diem2 ngecek. Selalu cepet cek hp, whatsapp, dll. Cek, double check, triple check. Suka nguping. Selalu nolongin sama ngurusin orang-orang. Aneh, nyentrik, suka ngejudge, ENFP gitu. Walaupun omongannya kadang nyelekit tapi Kak Ali abis itu bantuin/ngajarin. Kalau diajak yang aneh2 pasti mau walaupun awalnya malu-malu. Pake masker, makan biskuit bayi. Oiya kadang Kak Ali juga sering malu-malu atau awkward walaupun termasuk orang yang rame. Kalau mau sesuatu langsung gas bilang aja kak. Berharap bisa lebih banyak ngobrol, bercanda, belajar sama Kak Ali. Semoga kedepannya rejeki Kak Ali lancar, dapetin apapun yang dimau dan dikejar. Aamiin”

Pandu “…Salah satu hal yang kemudian menjadi berkesan lainnya adalah pertama kali saya bertemu dengan Alifian, partner sekaligus teman diskusi, hingga label “”menolak tua”” saya pikir cukup melekat pada dirinya. Visi hidupnya cukup jelas untuk menjadi yang berbeda dan memberikan dampak tidak hanya utk pribadi, melainkan juga untuk kultur arsitektur di generasi sekarang yang tidak lagi one-man-show, melainkan proses kolaboratif dan juga teamwork.

Dear kak Ali, cc temen temen semua,
ini wrapup saya untuk semuanya
jadilah gatekepeer
see u on another level
be bulletproof
dan yang terpenting
be secure
dont kill yourself
and take your time

Fadiah : “…hari ini bertepatan dengan selesainya tugas Ali di RAW. Setelah mengenal Ali selama hampir 5 tahun ini, Ali meninggalkan banyak kesan untuk saya secara personal maupun profesional. Ali orangnya sangat jenaka, gaya ceplas-ceplosnya, spontanitasnya dan jokesnya yang aneh-aneh, membuat suasana yang tadinya tegang bisa menjadi lebih cair. Dilain sisi, Ali adalah pemimpin yang baik dan bertanggung jawab. Saya ingat betul diawal saya masuk, dia dengan sabar membimbing saya dalam gambar yang dibutuhkan untuk dikirim ke client. Dia juga yang mengantar saya sampai kost waktu pulang sangat larut, padahal arah pulangnya berbeda. Saya menyaksikan banyak perubahan yang terjadi pada Ali. Dari gaya preman menjadi casual. Dari motor revo menjadi sigra. Dari kaca mata kotak menjadi kaca mata bulat. Dari single menjadi in relationship (thanks to proyek Felita ya Li). Dari junior designer menjadi longest associate. Dan dari semua perubahan itu, Ali tetap konsisten menjadi Ali yang jenaka dan bijaksana.

Ali adalah salah satu contoh berhasilnya RAW berperan dalam mencetak pribadi yang lebih matang. Saya percaya dibalik segala tekanan yang ada, itu adalah ujian untuk mengenal diri kita pribadi, bagaimana kita menghadapi dengan baik, bagaimana kita berproses untuk menjadi lebih dewasa, bagaimana kita tahu kapan untuk lari kencang atau duduk sejenak, dan akhirnya bisa naik level. Semoga akan terus ada Ali-ali yang lain di sini.

(Good job Li, sukses S2nya. Tq ya buat moments yang sudah dilalui bersama!)”


Timbul Arianto : “Its a serendipity having such opportunity of working and guidance by such a great mentor. Started from a raw freshman and still going into collegary and mentorships. Sebagai leader Mas Ali sosok yang sabar, tegas dan penuh dedikasi, baik dalam pekerjaan sebagai leader maupun sebagai kolega,

Kesabaran dalam mengajar dan mendidik para junior adik-adik baru, sehingga menjadi individu yang mampu dan capable. Tentunya ini bukan kata-kata manis saja, dari mana saya tau? karna sayapun sendiri mengalaminya. dipimpin dari 0 hingga menjadi individu yang “”confident””. Mungkin ini terlalu personal, namun memang pada dasarnya pendekatan profesional yang dilakukan oleh Mas Ali sangat sulit untuk tidak bisa masuk dalam ranah personal, karna tidak hanya berkaitan dengan pekerjaan tapi juga pola pikir yang berkembang dan terus berjalan.

Berkaitan dengan hal tersebut, tentunya peran kantor sebagai tempat bekerja yang mengizinkan adanya relasi yang sehat baik secara profesional dan personal. Terlebih dari itu juga tidak lepas dari peran kepemimpinan para leader, salah satunya Mas Ali.

Saya percaya Mas Ali sudah cukup mendidik dan meneruskan “”legacy”” yang baik, secara profesional dan figur untuk adik-adik disini. Oleh karna itu juga saya percaya dan positif terhadap policy terbaru dari kantor, Ini merupakan kesempatan untuk berbenah diri dan keluar dari zona nyaman, karna setiap fase tentu perlu berubah agar kita tau seberapa jauh sudah kita berkembang.”

Hari senin dunia berjalan seperti biasa, setiap orang punya perjalanannya masing – masing, selamat melangkah Ali.

Oleh Realrich Sjarief

Founder of RAW Architecture

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s