Kategori
Team - Reflection Letter

Heru Setya Budi – Universitas Bina Nusantara

Reflection Letter:

Holla nama saya Heru Setya Budi seorang pelajar yang sedang mencari dunia yang menyenangkan untuk menuangkan ide ide dalam sebuah eksperimen dan menghasilkan suatu karya yang bisa dinikmati bagi semua orang. Lahir di jawa tengah khususnya di kota Rembang dan tumbuh di kalangan orang orang yang menjunjung tinggi adat dan budaya. saya sangat bahagia karena merupakan bagian dari mereka yang selalu melestarikan adat dan budaya leluhur.

Pada awal cinta dengan arsitektur ketika pada rumah yang saya tinggal  menggunakan konsep rumah jawa kuno  dengan ciri ciri khusus salah satunya pada atap rumah joglo. Karakteristik dari atap Joglo bisa dilihat dari bentuknya yang dibuat menyerupai sebuah gunung, dengan puncak yang dibuat mendatar yang disebut sebagai Tajug. Kemudian, memutuskan untuk melanjutkan studi arsitektur di Binus university untuk mempelajari bagaimana bangunan arsitrktur bisa terbentuk dan aspek aspek yang perlu diperhatikan dalam sebuah proses perancangan dan belajar bagaimana kebudayaan suatu daerah dapat di implementasi ke dalam bangunan arsitektur modern.

RAW Architecture is the best.

Untuk memenuhi syarat untuk melaksanakan tugas akhir dari kampus, saya memutuskan untuk menjalankan enrichment program dari Binus university. RAW Architecture adalah perusahaan yang satu satunya yang saya impikan untuk mencari kebahagiaan dalam naungan kehidupan.  Pada tanggal 6 februari 2023 saya diberikan kesempatan untuk bergabung untuk menjadi bagian dari keluarga RAW achitecture. Sebuah harapan untuk mengikuti permainan dan diberikan pembekalan tentang bagaimana cara berfikir berarsitektur secara matang dan menangani permasalahan pada suatu proyek yang sedang dikerjakan. Pada awal masuk kantor RAW saya sudah disambut dengan gembira dan mengajak anak baru untuk  melakukan GUHA Touring dan memperkenalkan bagaimana kehidupan dan kebiasaan di perusahaan. Tidak terlupakan ketika moment pada jam istirahat berkumpul dan mengobrol dengan senior. Sungguh kebahagiaan memilih kantor yang tepat dan sesuai dengan yang diharapkan.

  • Awal dari sebuah perjalanan

Pada awal masuk sebagai mahasiswa internship pada kantor tersebut dibekali bagaimana cara mengoprasikan sebuah software desain yang biasa digunakan untuk menunjang pekerjaan dan diajarkan secara detail. Dalam menjalankan proses desain dibutuhkan sebuah koordinasi antara semua team desain untuk merencanakan sebuah bangunan. Pada saat itulah principal architect ( KAK RICH ) berperan penting untuk memberi pengarahan bagaimana  desain arsitektur harus mengacu kepada preseden yang pernah dibuat sebelumya. Banyak cerita cerita tentang perjalanan proses desain pada bangunan terkenal di dunia yang akan diaplikasikan desain bangunan yang sedang dirancang. Hal ini dapat membuka wawasan betapa banyak aspek aspek yang harus diperhatikan dalam metode perancangan. Mentor mentor yang telah memberikan kesempatan untuk melakukan eksperimen desain  yang akan dituangkan kedalam proyek yang akan dibangun. Enjoy dalam menikmati pekerjaan dan mengikuti pengarahan dari mentor membuat kebiasaan mendesain yang tidak terasa sampai waktu mulai larut malam dan harus menyelesaikan tanggung jawab yang diberikan oleh mentor dengan sebaik baiknya. Suatu pembelajaran penting yaitu kebiasaan KAK RICH yaitu  bereksperimen menanam tumbuh tumbuhan pada area kantor dan merawatnya setiap hari. Sehingga, Tempat yang disebut GUHA dan orang orang yang didalamnya ikut merasakan kesejukan yang alami dari tanaman tersebut. Suara melodi instrumental yang terdengar di pagi hari memberikan semangat untuk mengawali kegiatan di RAW Architecture. Sungguh kehidupan yang menyenangkan bagi semua mahluk hidup.

  • Merasakan pertempuran yang sebenarnya

Selama menjalani proses internship tentu tidak terlepas dari permasalahan dan tekanan. Kesalahan kesalahan kecil dapat berakibat fatal pada proses yang berikutnya. hal itulah yang ditekankan KAK RICH untuk berhati hati dalam melaksanakan suatu pekerjaan dan selalu mempertanyakan hal yang tidak mengerti meskipun hal tersebut bersifat detail sekaligus. Pengalaman meeting dengan owner dan pihak kontaktor merupaka proses pembelajaran komunikasi dan koordinasi pada semua pihak yang terlibat dalam sebuah proyek pembangunan. Hal ini sangat penting untuk menganalisis dan mengidentifikasi mulai dari kebutuhan sampai dengan permasalahan yang terjadi di lapangan. Para mentor mentor yang membimbing dan mengarahkan bagaimana cara mengatasi tekanan pekerjaan yang harus selesai sesuai dengan deadline yang telah ditentukan. Berbagai tips and trick untuk menjalankan program program desain sehingga dapat melaksanakan pekerjaan menjadi lebih cepat dan flexible.

Bukan hanya proses desain yang akan didapatkan, tetapi  ikut serta dalam menjelajahi berbagai detailing process mulai dari detail arsitektur, analisa struktur sampai penentuan sistem MEP yang tidak diajarkan di kampus. Hal ini bertujuan memperkenalkan mahasiswa bagaimana dunia arsitektur bukan hanya sekedar konsep desain, melainkan ada aspek aspek detail yang harus diperhatikan. Langkah berikutnya  yang bisa dilakukan dalam proses detail arsitektur yaitu pemilihan spesifikasi material. Beberapa material yang digunakan tentunya harus memiliki standar yang kuat, tahan lama, dan memiliki nilai estetika yang baik. Hal ini dapat berpengaruh dan penyesuaian biaya yang dikeluarkan oleh owner. Terjun Ke proyek yang sedang berjalan, mengecek progress pekerjaan dan koordinasi dengan mandor untuk mengukuti detail gambar yang telah direncanakan merupakan pengalaman yang didapakan mahasiswa internship untuk mempersiapkan pembekalan pada dunia kerja yang sesungguhnya.

  • Permainan telah berakhir

Hari hari setelah 5 bulan lebih menjalankan proses internship di RAW Architecture berbagai macam perkerjaan yang telah dijalani dan berbagai ilmu yang telah dibekali. Berbagai macam moment yang menyenangkan, bahagia,tertawa, sedih, tertekan, telah dilalui bersama dengan orang orang yang berada disini. Kini saatnya harus menyelesaikan semua tanggung jawab yang telah diberikan mentor mentor dalam pekerjaan. Pesan pesan yang memberikan semangat yang melekat pada benak setiap anak intern dan tidak lupa juga dengan kata REVISI setiap menyelsaikan sebuah desain arsitektur.

Terimakasih banyak khususnya terhadap KAK Realrich Sjarief yang telah memberikan kesempatan untuk menjalankan program internship di perusahaan RAW Architecture selama 6 bulan sehingga saya dan teman teman dari Binus University bisa merasakan bagaimana dunia kerja arsitektur yang sesungguhnnya. Dan para mentor mentor yang memberikan pembekalan serta membimbing untuk meraih apa yang kami dan teman teman capai untuk mempelajari dunia arsitektur yang lebih luas.

Best Regard

Heru Setya Budi

Motivation Letter:

Oleh Realrich Sjarief

Founder of RAW Architecture

Tinggalkan komentar