Kategori
blog

Exploration of Bioclimatic Architecture


Akhir – akhir ini saya berefleksi seperti apa yang dilakukan banyak orang tentang pekerjaan, tentang sejauh mana kami di praktik sudah melangkah, akan kemana, dan apa yang mau dilakukan di awal tahun 2024. Puji Tuhan untuk 2023 kawan2 semua, dan saya doakan berkat berlimpah di 2024, rejeki cukup, sehat, dan dikaruniai kebahagiaan.
.
Sebagian besar proyek kami adalah proyek rumah tinggal dan beberapa di antaranya adalah proyek institusional seperti sekolah, ritel, dan kantor. Secara pribadi, saya suka mengerjakan proyek-proyek tersebut terutama rumah tinggal karena bagi saya, kehidupan klien itu unik dan menjadi cerita tersendiri dibalik beraneka ragamnya desain yang tercipta untuk mereka. Beberapa di antaranya, bahkan belum sempat kami publikasikan karena terlalu banyak hal yang harus dipersiapkan dengan waktu yang terbatas. Untuk ini saya merasa memiliki hutang banyak karena tanpa klien, kami tidak bisa berkembang sampai sekarang. Arsitek dan arsitektur tidak pernah berdiri sendiri.
.
Dalam beberapa ilustrasi ini, kami menjelajahi prinsip Rumah Bioklimatik. Salah satu hipotesisnya yang lebih spesifik adalah bahwa kami dapat membuat rumah tetap sejuk di iklim tropis di Indonesia dengan suhu mencapai 28 derajat Celsius jika metode ini diimplementasikan dengan ketat. Hal ini membentuk desain rumah sehat.
.
Pada gambar bisa dilihat di halaman 2 bahwa, 4 elemen 1, 2, 3, dan 5 ada di konseptual desain dan 2 elemen 4 dan 6 ada di integrasi desain dan disiplin lain, 2 lapisan keberagaman budaya dan semangat gotong – royong ada di semua lapisan yang mewarnai bumi Indonesia sebagai perjuangan bersama. Sementara 6 prinsip lainnya terbagi dari massa bangunan hingga materialitas yang spesifik di lokasi. Hal ini akan dijelaskan dalam publikasi proyek-proyek kami selanjutnya.
.
Tipologi rumah tinggal adalah salah satu tipe proyek yang paling penting dalam studio kami, karena ini menunjukkan kontrol dari klien dan arsitek dalam menunjukkan kolaborasi dalam skala kecil. Dalam tipe ini, eksperimen terus-menerus disesuaikan untuk mencapai hasil yang optimal.
.
@realricharchitectureworkshop
#realricharchitectureworkshop #bioclimatichome #arsitekjakarta #arsitekindonesia

Oleh Realrich Sjarief

Founder of RAW Architecture

Tinggalkan komentar