Kategori
blog

Guha The Guild as Ecosystem

Kemarin kami bertemu dengan adik dan kakak kami dari Universitas Tadulako, Palu. Sahabat dari daerah timur Indonesia, yang dekat bagaikan keluarga. Pertemuan kami kemarin seperti reuni kembali dengan 65 adik-adik muda, dan dua dosen terbaik mereka. Bagi kami sahabat dan keluarga tidak dapat dipisahkan oleh jarak, kami tetap terhubung oleh ikatan yang menembus waktu menjalin memori baru.

Di setiap pertemuan pasti ada alasan, Pak Rahmat Atok bercerita, bahwa kedatangan mereka ke Guha sebagai salah satu kunjungan KKL untuk mengajak mahasiswa merasakan pengalaman baru, yang lahir dari sebuah studi dan pencarian sehari-hari yang intensif, natural, dan mengalir. Perkenalan dengan saudara dari Universitas Tadulako terjalin karena ada kak Cahyo yang terus merangkai jalinan jaringan arsitektur di Indonesia. Kami bersyukur semua jaringan ini membentuk lingkaran dan menyatukan kita kembali. Menurutnya desain arsitektur Guha berbasis dari “apa yang dibutuhkan dari sebuah tempat”. Hal tersebut menjadi konsern kami setiap harinya untuk terus merespon kebutuhan sehari-hari melalui arsitektur. Bagi kami belajar bisa melaui banyak hal mulai dari studio, kelas, berjalan-jalan, maupun ziarah arsitektur. Pengalaman terbaik adalah mengalami, dan belajar secara langsung.

Ini testimonial dari salah seorang mahasiswa, Blenda L. W.

“… Setelah saya datang kesini, fasad, suasana, dan materialnya mirip dengan di tempat-tempat lain, tapi untuk prinsip bagaimana cara membuatnya, itu beda jauh dari apa yang sudah saya pelajari dari tempat lain, mulai dari cara mengolah materialnya dan merakitnya fungsinya. Dari sini, satu pelajaran yang bisa saya ambil adalah barang-barang indah tidak harus mahal, tapi bisa dari apa yang ada disamping kita.”

Kami bersyukur, Guha bisa menjadi tempat kita bersama, seperti kata kak Cahyo Novianto, nyalakanlah api lilin-lilin kecil di sekitar kita ke seluruh penjuru nusantara. Kami bisa mengucapkan rahayu-rahayu-rahayu bumi, jiwa, dan segala isinya.

@kkl_2024

#guhatheguild#experiechingguha#omahlibrary#realricharchitectureworkshop
#studioculture#arsitekindonesia#arsitekmuda#architecturestudentlife#architecturestudio#jakarta#indonesia#palu

Oleh Realrich Sjarief

Founder of RAW Architecture

Tinggalkan komentar