Kategori
99 percent blog

Rumah dan kantor baru untuk Realrich dan anak-anak RAW by Tatyana Kusumo

Waktu itu tidak terbayang akan jadi seperti apa, karena dari awal perencanaannya sangat sederhana dan fokus utama memang ke proyek kantor bukan ke proyek The Guild ini. Masih ingat waktu pertama kali bertanya kepada Realrich akan arti The Guild, usaha saya yang pertama adalah mencari arti katanya di website.

The Guild = Serikat pekerja

Hmm, memang sih kita adalah pekerja yang terkumpul dibawah naungan RAW, pekerja yang cukup abstrak dan dengan latar belakang yang cukup berbeda dengan tujuan yang sama. Dan bangunan ini memang menggambarkan The Guild itu sendiri. Sudah lihat denahnya Sudah lihat tempat tinggalnya dan kantornya Ya area privasinya cukup kecil dibandingkan dengan area kantor. Mungkin karena namanya The Guild atau mungkin fokus utamanya memang lebih ke ruang dan detail arsitekturnya. Toh banyak ruangan-ruangan di areal benteng yang nantinya bisa jadi apa saja. Lalu kalau dilihat dari perjalanan pembuatannya, terlalu banyak perubahan dari rencana awal baik secara desain maupun konstruksi, namun sepertinya proses pembuatan The Guild memang di nikmati oleh Realrich dan timnya. Kayaknya memang harusnya berproses arsitektur harusnya seperti ini deh

Lucunya anak-anak desainer yang terlibat di proyek ini ibarat teh, dicelup-celup, kalau sudah jadi tehnya tinggal diangkat,kalau mau bikin teh lagi, ya celup lagi yang baru ditambah bekas yang tadi kalau masih bagus. Karena pengetahuan saya dalam proyek ini juga masih tambal sulam, dan mungkin The Guild akan tercipta apabila pengetahuan seluruh team disini digabungkan.

Waktu pertama kali pindah, agak aneh juga ya karena terbiasa dengan kantor garasi kesayangan di pulau ayer 1 yang senggol dikit bacok. Sedangkan di The Guild sepertinya jauh lebih manusiawi untuk anak-anak RAW dan mungkin memang sudah waktunya untuk seperti ini . Apalagi berbagai macam detailnya dapat dipelajari langsung untuk desainer yang sangat jarang dapat kesempatan kelapangan.

Proses yang terjadi dalam bangunan ini bukan hanya proses pencarian dan pembelajaran, namun juga proses pengedukasian bagi mereka yang berpotensi di bidangnya untuk naik tingkat berikutnya dengan bahasa kerennya craftmanship baik bagi Realrich, team DOT Workshop, team RAW, team OMAH, dan juga untuk mereka yang datang kemari. Bahwa The Guild sebagai wadah untuk mengakomodasi mereka yang berpotensi dan bersemangat akan arsitektur. Selamat datang di The Guild, selamat belajar dan berbagi.

Oleh Realrich Sjarief

Founder of RAW Architecture

Tinggalkan komentar