Kategori
lecture

The Purpose of Architecture Philosophy


Saya diminta oleh Unika Soegijapranata untuk membawakan materi “Peran Filsafat di dalam desain” untuk para mahasiswa. Kemudian saya sendiri banyak bertanya – tanya apa arti/peran filsafat di dalam praktik kami di studio RAW Architecture. Sejak dulu filsafat diyakini sebagai sebuah istilah yang berjarak, namun juga diyakini mampu menelurkan pemikiran tercanggih di jamannya. Filsafat adalah sebuah cara untuk mendapatkan kebenaran melalui verbal dan tulisan.
.
Hipotesanya adalah bagaimana menelusuri peran filsafat di dalam desain dan mengetahui sejauh mana dampaknya terhadap keputusan desain ?
.
Salah satu contoh proyek RAW Architecture, Begitu masuk ke rumah Harris dan Tiffany, yang menarik, keduanya memiliki limitasi. Yaitu renovasi rumah dengan budget terbatas, tetapi sense of art nya luar biasa. Seperti Tiffany, orangnya sangat artistik, Harris sangat rasional. Di dalam pikiran keduanya ada sebuah visi-misi. Pencampurannya menimbulkan brief yang khusus. Konsep desain muncul menggunakan struktur eksisting (ruins) dan teknik injeksi sebuah kolom-balok beton didalam struktur yang lama, bangunan itu seakan-akan dikangkangi oleh struktur yang baru dengan memberikan jalan cahaya. Itu menjadi hal yang inovatif di dalam perencanaan arsitektur.
.
Kemudian perkawinan begitu banyak elemen desain akan menimbulkan ledakan. Itulah Supernova, ledakan kebebasan.
.
Kebebasan = keterbatasan + kemampuan
.
Filsafat adalah belajar tentang kebebasan berpikir, bagaimana merangkai kebebasan dari kemampuan dan keterbatasan sumber daya yang dimiliki. Dan titik terpenting di dalam sebuah lompatan arsitektural adalah bagaimana merangkai banyaknya variasi elemen dan memproduksi banyaknya varietas karya arsitektur. Untuk merangkainya diperlukan kerja kolaborasi, jadi peran (aksi-reaksi) filsafat di dalam desain sangatlah penting dan dahsyat.
.
Ia berperan untuk menyadarkan “Hei desainer, kamu tidak sendirian ! Bangun dan Ledakkan Supernovamu”
.

RAWongoing

Project: (Cover) Harris + Tiffany’s House
Acara di Unika Soegijapranata
.

@realricharchitectureworkshop #realrichsjarief #architecture #arsitek

@realricharchitectureworkshop

Oleh Realrich Sjarief

Founder of RAW Architecture

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s