Kategori
lecture

Pengembangan Keprofesian Arsitek III

Melihat praktik arsitektur sekarang ini, dimana kesadaran saya sendiri juga mulai sudah saya pertanyakan, sejauh mana saya sadar, mau bergerak, dan kemudian menebar benih – benih kemanusiaan. Jujur saya melihat jalan masih sangat panjang, sejauh mana arsitektur bisa masuk ke tingkatan humanisme yang evolusioner. Konflik yang dihadapi, tidak dihindari, menghadapi itu tidaklah mudah dan saya pun masih banyak belajar.

Book House
.
Kemarin saya diminta oleh IAI Jakarta untuk membawakan materi “Manajemen Biro Arsitek”. Kemudian saya sendiri banyak bertanya – tanya tentang sejauh mana dampak ekosistem praktik arsitektur. Di mana isu-isu lingkungan, kepadatan kota, menjadi problematika yang bisa membuat arsitektur itu bisa punya kontribusi. Hipotesanya adalah apa saja yang bisa dilakukan di dalam skala mikro karena soal biro adalah soal yang mikro di dalam ekosistem praktik arsitektur ?
.
Kemampuan manajerial dan penyusunan teknik desain adalah dua hal yang penting. Kemampuan Manajerial ini dibahas Undi Gunawan di acara nonton bersama video Guha. Dengan kegiatan terus mendesain, membangun, menginspirasi dan dampaknya dengan memberikan contoh ke orang-orang sekitar. Hal ini dimulai dari pelayanan yang baik, membina tim dan manajemen yang baik. Disitulah arsitek memiliki tanggung jawab untuk melatih calon-calon penerusnya dan mengkomunikasikan praktik yang sehat kepada klien dan umum.
.
Ruang mikro (Ruang yang terbatas) adalah salah satu kontribusi yang menjawab keterbatasan ruang. Dan ada juga kaitan teknologi bangunan struktur bentang pendek, dan memadukan dengan manajemen air limbah dan sebagainya. Contohnya, Rumah Buku yang sudah berpindah program berkali-kali, dibongkar pasang sebagai ruang tidak permanen. Tempat pertamanya adalah di pekarangan rumah orang tua saya. Yang kemudian berpindah di benteng di Guha sebagai tempat pameran. Tempat terakhirnya adalah di pekarangan Guha anak-anak tetangga berkumpul, main, baca buku, diskusi, les menggambar, sekaligus tempat mengerjakan tugas, dan terkadang ruang-ruang itu berubah menjadi ruang untuk upacara 17-an. Detail Rumah Buku ini terbuat dari rak buku berbentuk kotak, bentuk bentang sederhana, penempatan mezanine, dan fisika bangunan dengan corong udara, bukaan samping.
.
Rumah Buku salah satu bentuk kontribusi pemikiran bahwa arsitektur bisa saja membentuk apapun dari material apapun dan adaptif mengikuti perkembangan jaman.
.
#RAWongoing
Project: (Cover) Book House
Acara di @iaijakarta
.
#realricharchitectureworkshop#realrichsjarief#architecture#arsitek

Look for more diagrams + projects di
@realricharchitectureworkshop

Oleh Realrich Sjarief

Founder of RAW Architecture

Tinggalkan komentar