Kategori
Team - Reflection Letter

Revania – Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Reflection Letter:

Hi, aku revania, mahasiswa desain interior semester 7 dari ISI Yogyakarta. 4 bulan  magang berlalu juga akhirnya ya. kalo 4 bulan ini jadi judul buku, mungkin judulnya, a serendipity: the coincidence of finding things that you didn’t intend to find before. karena sebelum memantapkan magang di RAW aku dihadapkan oleh dua pilihan. magang nyari sendiri atau magang bersama dosen. dan gatau kenapa kayak ada sebuah bisikan bahwa aku harus di jabodetabek untuk beberapa waktu lagi. jadi aku mantepin untuk nyari magang sendiri.

kata yang pas untuk menggambarkan hari pertama adalah: intimidating. setelah tau bahkan anak anak intern nya aja keren keren bgt, ada beberapa yg udh lulus juga, jadi semakin merasa terintimidasi.  tapi ternyata it does me favors bgt karena di awal awal i ended up menjadi beban anak anak intern karena nanya mulu. 

satu bulan lebih beberapa hari dikit, aku ngerjain bobotoh WKWKWKWK. di situ jujur ngerasa gaenak bgt karena selama itu ngerjainnya. tapi emang dari bobotoh banyak bgt ilmu shortcut, extension, yang didapetin. sampe ditanyain sama jessica, “rev lo ga bosen apa? kalo bosen di bobotoh bilang aja biar lo pindah” sebenernya jawabannya adalah gaenak sih. kayaknya kalo udh memulai ya harus diselesaikan gitu. walaupun akhirnya kak rian kayaknya capek nanyain progres bobotoh jadi aku dipindahin ke rumah christine. di rumah christine dapet project desain akhirnya. disitu aku banyak ngerepotin evan sama kak billy (vyan). sampe akhirnya ngerjain tugas gambar dan occasionally pindah tempat duduk yg diapit kak billy sm kak gaby biar intens belajar autocad. akhirnya hampir tiap menit aku ngerepotin kak billy, dan fix bgt pasti ada hari hari dimana kayak “reva pindahnya kapan sih” 

kalo ditanya apa yang didapet dari RAW, wah i owe this place, these people, a lot. dari yang gapernah pake laptop in daily basis jadi matanya berair pas udh beberapa jam jadi yg bisa tahan 7 jam ke atas, dari yg ngeliat gambar kerja di pc kak billy dan kak gaby rasanya pengen puyeng jadi bisa kayak “ohhh iya mau diapain niih”, dan dari yang ngerjain bobotoh satu bulan jadi ngerjain 3d model rumah citraland dalam sehari. these 4 months have been the most magical dan semoga unforgettable class that i signed up into. terima kasih terutama untuk kak rich dan kak yudith untuk kesempatan magangnya di the most aesthetic kantor in jakbar. terima kasih untuk kakak kakak conceptual, kak rian, kak mel, kak billy, kak haykal, evan, angel. terima kasih juga untuk kakak kakak yg kita pernah bersama walau sebentar bgt, kak tyo atas tangga monyet experiencenya, kak gaby atas spreadsheet lessonnya, kak fina atas tangga servisnya. terima kasih juga kepada teman teman magang; devi, reji, zikri, manuel, jessica, doni, kemal, seva, ipi, rio, qea, nada dan uung!!

balik ke awal, ternyata bangunan guha ini itu adalah jawaban dari dua pilihan kebingungan aku kemarin, magang sendiri atau magang sama dosen. mungkin kalo dijalanin dua duanya, sebenernya pilihannya gaada yg salah. karena yaa kayak bangunan ini, jawabannya bener bener: ada banyak jalan menuju suatu tujuan. dan kalo mau jujur, im really glad that i chose this path.

semoga setelah ini kita tetep bisa jalin silaturahmi ya. jangan sungkan sungkan randomly dm aku karena dm-ku kayak mcdonald’s: buka 24jam. jangan sungkan juga ngajak main, intinya kalo tida mager dan lagi fomo, pasti kita jalan. I can’t wait to be crossed-path with you guys in the very very bright future that we will be in!

Oleh Realrich Sjarief

Founder of RAW Architecture

Tinggalkan komentar