Kategori
Team - Reflection Letter

Edho Baron Mack – Universitas Pelita Harapan

Reflection Letter:

Halo semua, kak Rich, kakak-kakak RAW, teman-teman magang yang lain, ataupun orang yang kebetulan menemukan dan membaca surat ini apa kabar? Semoga semua selalu diberikan kebaikan dan kesehatan, saya Edho Baron Mack. Mahasiswa arsitektur Universitas Pelita Harapan. Surat refleksi ini saya buat lebih ke apa yang ingin saya ungkapkan dan saya rasakan selama saya diberikan kesempatan intern di RAW, baik yang tak dapat ataupun tertunda untuk diungkapkan. Jika saya renungkan, tak habis pikir. Apa yang sudah saya lakukan dan kerjakan dapat membawa saya sampai saat ini. Seorang mahasiswa tahun kedua yang hanya “iseng” dan “beruntung” mungkin dua kata ini cocok untuk menjelaskan saya secara singkat yang membuat saya bisa berada dalam “ekosistem” RAW. “Iseng” hanya berbekal keinginan dan ketulusan serta dorongan hati yang merasa kurang untuk selalu ingin belajar memperbaiki kekurangan dan merasakan hal yang baru dengan kesadaran diri akan banyaknya kekurangan dan ketidakmampuan saya yang notabenenya belum bisa apa-apa mendapatkan. Sebuah ke“beruntung”an karena sampai sekarang tak terpikirkan bagi saya, kenapa saya bisa diberikan kesempatan untuk menjadi bagian dalam “ekosistem” yang membentuk keluarga didalamnya.

“Ekosistem” yang menciptakan dan membentuk banyak sekali warna-warni di dalam monokromnya Guha. Singkat cerita tentang ungkapan banyaknya perasaan yang tak dapat terdefiniskan seluruhnya, banyak hal saya dapatkan selama belajar di dalam guha terlepas dari banyaknya hal dan pembelajaran arsitektur yang didaptakan, saya menemukan sisi lain yang membuat arsitektur menjadi dapat dinikmati dan menyenangkan bagi saya. Tidak lain tidak bukan adalah “ekosistem” di dalam guha.

Saya menemukan lingkungan yang membuat saya terus terdorong untuk terus melakukan apapun yang semaksimal mungkin dilakukan dengan keterbatasan, saya sambil mengasah kemampuan untuk keluar dari batasan itu. Dinamika dan fase yang begitu cepat bergerak naik turun tak terasa sangat dinamis dalam pekerjaan, selalu siap dalam keadaan apapun. Membentuk kesiapan dengan apapun yang akan terjadi. Tentunya banyak pembelajaran dan transparansi di dalam lingkup pekerjaan. Selain itu sisi lain yang sangat berkesan adalahKeterbukaan dan dukungan dari kakak-kakak dan teman-teman yang membangun rasa nyaman dan diterima menjadikan faktor lain yang membedakan “ekosistem” ini. Banyak pembelajaran hidup yang saya terima dari proses intern disni dari kakak-kakak yang menyempatkan diri untuk ngobrol bertukar dan memberikan cerita/nasihat untuk banyak membuka pemikiran dan perspektif saya akan suatu hal.

Sebagai penutup, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua kakak-kakak dan teman-teman yang telah memberikan panduan,nasihat, dan pembelajaran. Pengalaman ini telah membentuk saya, bukan hanya sebagai seorang mahasiswa arsitektur, tetapi juga sebagai seorang individu yang tumbuh menjadi lebih percaya diri. Saya sangat beruntung telah diberikan kesempatan untuk menjadi bagian dari RAW. Bukan hanya tentang pekerjaan, tetapi tentang pengalaman hidup. Saya berharap pengalaman ini akan terus memengaruhi pertumbuhan saya ke depan, dalam pertumbuhan menjadi individu yang berguna dan berdampak baik. Semoga kedepan di lain kesempatan saya bisa bertemu kembali dengan kakak-kakak dan teman-teman. Semoga kita semua dapat terus berkembang dan menjalin hubungan kembali di masa depan.

Terima kasih lagi atas dukungan dan kebaikan yang telah diberikan. Saya sangat berterima kasih dan merasa diberkati. Terima kasih juga untuk kak Riyan yang sudah berpegang kepercayaan terhadap saya dan tetap mengambil/menerima resiko dan juga selalu mendorong saya untuk menjadi lebih baik dan keluar dari batas saya. Terima kasih juga untuk Kak Rich yang sudah memberi dan membukakan jalan dan kepercayaan untuk saya.

Semoga kebaikan selalu menyertai kita semua

Salam dari saya, Edho Baron Mack

Motivation Letter:

Oleh Realrich Sjarief

Founder of RAW Architecture

Tinggalkan komentar