Kategori
lecture

Karya sebagai Ciri Khas Diri

Karya sebagai Ciri Khas Diri ?

Hari sabtu pagi saya diundang oleh program studi design interior universitas Gunadarma. Topik dari seminar kali ini adalah “Karya Sebagai Ciri Khas Diri”.

Saya bertanya-tanya tentang topik tersebut karena sebuah karya arsitektur sebenarnya juga merupakan hasil kolaborasi dengan begitu banyak pihak, bukan merupakan karya yang truly personal yang menonjolkan ciri khas diri sendiri saja.

Problematikanya, adalah setiap karya yang berdiri tidak pernah sesederhana yang terlihat. Di balik karya arsitektur ada klien yang memiliki keinginan dan kebutuhan, dari proyek residensial sampai komersial, ataupun proyek kultural sampai proyek sosial, setiap klien hadir dengan mimpi yang tidak terbatas. Disitulah arsitek perlu hadir untuk membuka sekat-sekat mimpi dari kliennya.

Dari situlah filosofi arsitektur, cara kerja, kebiasaan yang spesifik muncul dalam goresan tangan. Saya selalu meyakini arsitektur itu filosofis, hangat dan menyenangkan. Mencari klien tidak mudah, namun sekali filosofi dan sikap diri kita tepat, maka klien akan mengalir, kualitas kerja akan meningkat dan karya arsitektur akan menemukan ciri khasnya sendiri.

Permulaan mencari klien adalah titik awal, dan bagaimana mendesain supaya tepat yaitu bagaimana tetap puitis, dan juga efisien menjadi penting. Penting karena seluruh sumber daya bumi ini juga terbatas. Itulah pentingnya metode desain yang tepat. Transformasi tersebut kami lakukan di dalam RAW Architecture dimulai dari pengerjaan sayembara, kurasi, kompetisi internasional, relasi dengan klien, manajemen, sampai nongkrong di lapangan sembari menggali terus sisi kesempurnaan detail baut dan sambungan. Dibutuhkan “extra mile”.

Keseluruhan runtunan proses itu menghasilkan jawaban bagaimana mendapatkan “Karya sebagai Ciri Khas Diri” dan memiliki filosofi yang menggabungkan dunia sains dan intuisi. Dan hal ini “Indonesia banget” realitanya, dimana ada banyak lapisan, elemen, begitu disatukan membentuk kolase yang kaya di dalam arsitektur. “Broken and solid in one piece. “

Project
#RAWongoing Rumah Morahai
Acara di @interiordesignweek_
.
#realricharchitectureworkshop#realrichsjarief#architecture#arsitek

Oleh Realrich Sjarief

Founder of RAW Architecture

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s